Cara Fermentasi Pakan Kambing dengan Tepung Ikan

Jualtepungikan.com - Banyak masyarakat kita diperkampungan untuk mendapatkan penghasilan, itu rata-rata kalau di kampung biasa yang dekat pemukiman itu banyak yang berternak kambing, tetapi tidak sebanyak peternak kambing yang serius untuk peluang usaha.  Di kampung masyarakat ternak kambing paling hanya untuk kebutuhan bulanan atau dadakan,  rata-rata mereka ternak kambing sekitar paling banyak 4, 7, 11 sampai 30 kambing dari setiap rumah penduduk yang dekat pemukiman  tersebut.

Kenapa mereka sedikit sekali untuk memelihara kambing?... Kalau ditekuni ternak kambing ini,  akan menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan.

Pernah saya bertanya sama penduduk setempat, Pak kenapa ternaknya tidak  dikembangkan seperti beternak kambing lebih banyak dan banyak lagi. Justru semakin banyak kambingnya akan semakin besar peluang dan penghasilannya. Jawaban para penduduk sekitar ternyata cari pakan rumputnya susah disaat sekarang ini, tidak seperti dulu katanya. Dulu itu banyak lapangan kosong dan sawah-sawah disitu banyak rumput-rumput.  Untuk cari rumput-rumput buat pakan kambing lebih mudah. Tapi saat ini sangat sulit.

Penduduk pemukiman sekarang kebanyakan selalu mengandalkan rumput-rumput karangan yang terdekat saja.  Kadang pula penduduk untuk mengambil rumputan sekarang sangat sulit untuk diambilnya. rata-rata yang masih memelihara kambing untuk cari pakan rumput itu ambilnya jauh jauh sekali dengan mengunakan kendaraan motor. Kadang pula untuk mencari rumput peternak suka hati-hati tidak sembarangan main babat aja, karena kadang rumput  yang dipersawahan atau diperkebunan suka ada yang di semprot pake obat  hama. Apalagi di tinggal di kota mana bisa berternak kambing. Bisa-bisa bau nantinya.

Sebenernya ada berapa solusi untuk tidak mengandalkan rumputan yaitu mengunakan limbah bahan seperti dedak, ampas tahu, kedebong pisang, jerami padi dan lain-lainnya yang ada disekitaran kita atau beli.

Disini kita akan buat fermentasi pakan kambing,

Sebelumnya mari kita siapkan bahan ini,


1.    Tepung Ikan 2 Kg
2.    Dedak 8 KG
3.    Ampas Tahu 30 KG
4.    Kedebong Pisang (Halus/Iris) 70 KG
5.    Garam 0,5 kg
6.    Gula Pasir 7 sendok makan
7.    Suplemen Organik Cair (SOC) 5 Tutup Botol
8.    Air 2 Liter

Kalau sudah terkumpul dari 8 bahan tersebut selanjutnya di aduk atau di mixing dengan rata. Lalu masukan ketempat drum untuk fermentasinya lalu di tutup selama 3 jam.  Sesudah itu baru di berikan keternak  kambing.




Share: