Budidaya Ikan Gabus


Tips Merawat Bibit Ikan Gabus

Cara merawat ikan gabus untuk budidaya sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Perawatnnya dimulai setelah ikan gabus baru menetas. Bagi yang baru memulai usaha budidaya ikan gabus,  maka berikut ini ada beberapa tips memeliharah bibit ikan gabus yang baru saja menetas agar bisa tumbuh maksimal dan sehat:
Ikan gabus berusia 1-4 hari

Setelah ikan gabus menetas, maka harus dipindahkan dari tempat sebelumnya. Tinggi air dalam kolam sekitar 20 cm saja untuk menjaga suhu dalam kolam agar tetap stabil dan nyaman untuk ikan gabus. Berikan pula pancuran air dalam kolam sebagai asupan oksigen bagi ikan.
Ikan gabus berusia 5-15 hari

Pada usia ini, ikan gabus harus sudah diberi pakan tambahan berupa cacing sutra.  Pemberian makan harus secara berkala, yakni 2 kali sehari. Pemberian pakan yang tepat akan mendukung pertumbuhan ikan gabus dan membuatnya bisa bertahan hidup dalam kolam.
Ikan gabus berusia satu bulan

Saat ikan gabus berusia satu bulan maka pertumbuhannya tidaklah merata. Ada ikan yang tumbuh besar dengan cepat. Ada pula ikan yang masih dalam ukuran kecil. Seleksi ikan berdasarkan ukuran dan pindah kedalam kolam terpisah.
Share: