Buat pakan ayam pedaging dengan mengunakan tepung ikan


Masyarakat indonesia pada umumnya lebih banyak mengkonsumsi daging ayam dalam setiap harinya. Tapi dalam setiap wilayah selalu serba kekurangan pasok daging ayam. Sekali mau beli selalu kehabisan baik di pasar mau pun toko ayam terkecil pun.

Karena keterbatasan peternak  indonesia maka masyarakat belum bisa merata merasakan nikmatnya daging ayam. 

Masyarakat dikota jember kebutuhan daging ayam disekitar 11 ton sampai 14 ton dalam perhari, bayangkan itu dalam sehari kebutuhan masyarakat di jember bagaimana kalau diseluruh indonesia. 

Kalau dalam setiap wilayah banyak pengusaha peternak lalu hasil daging ayam di jual langsung ke masyarakat kemungkinan besar sangat membantu masyarakat sekitar. Harga lebih murah dan tidak semahal di pasar yang masih tangan ke tangan.

Katanya banyak orang bilang berternak ayam itu sulit dan kadang-kadang mudah, memang bener tapi bagi yang mau belajar pasti anda akan bisa, sulitnya adalah ketidak pahaman tentang dunia ayam bagi yang paham tentang dunia ayam bagi dia itu mudah sekali. Dan hasilnya bisa 7 turunan  bisa kaya raya. 

Coba lihat perusahaan besar Japfa Comfeed, Charoen Pokphand,  Cargill  dan masih banyak 500 perusahaan besar lainnya itu semua dibidang peternak ayam.  Mereka yang dari luar saja mau investasi ke Indonesia untuk berternak ayam.  Coba bayangkan…,  ternyata berternak ayam itu sangat mengiurkan.

Maka kita sebagai warga Indonesia seharusnya  kita yang menjadi perusahaan besar peternak ayam di  Indonesia.

Disini saya akan membuatkan cara buat pakan ternak ayam pedaging dengan tepung ikan,

Pertama2 coba siapkan  bahan jagung, bekatul, tepung gaplek, tepung ikan, tepung darah, kedelai, bungkil kelapa, tepung daun papaya, tepung bulu ayam, premix.

Bahan Baku Pakan
Protein
  1. Jagung 15up
  2. Bekatul 15up
  3. Tepung gaplek 8up
  4. Tepung ikan 60up
  5. Tepung darah 80up
  6. Tepung Kedelai 40up
  7. Bungkil kelapa 12up
  8. Tepung daun papaya 5up
  9. Tepung bulu ayam 80up
  10. Premik
Jumlah Campurannya
  1. Jagung 30%
  2. Bekatul 20%
  3. Tepung gaplek 5%
  4. Tepung ikan 12%
  5. Tepung darah 1%
  6. Tepung Kedelai 5%
  7. Bungkil kelapa 10%
  8. Tepung daun papaya 5%
  9. Tepung bulu ayam 15%
  10. Premik 0,2%

Total bahan 100%
Protein 30up
Share: