PS4 Bakal Bisa Dicurangi dengan "Game Shark"


Ingat GameShark? Perangkat "cheating" untuk konsol game ini sempat populer pada akhir dekade 90-an dan awal 2000-an lantaran mampu mencurangi game dengan memodifikasi file memori game. 

Pemain pun bisa memiliki hal-hal luar biasa dalam game, seperti uang tak terbatas atau kekebalan tubuh.

Nah, sebuah perusahaan Jepang bernama Cyber Gadget rupanya tertarik membuat tool serupa untuk game modern di konsol PlayStation 4 (PS4). Bernama Save Editor, tool dimaksud tak lain merupakan software untuk dijalankan di PC.

Cara memakainya, pengguna terlebih dahulu mesti menyalin file save data dari PS4 ke flashdisk. Software Save Editor di PC lantas bisa memodifikasi file save data dalam flashdisk itu dan menambah kode curang yang dikehendaki, sebelum mengkopinya kembali ke PS4.



Pengguna, misalnya, bisa mendapat 99.999.999 GIL (mata uang) di game Final Fantasy XV atau 9.999.999 gold di game Dragon Quest Heroes II, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gematsu.

Pembuatnya menyebutkan bahwa Save Editor bisa dipakai untuk mencurangi lebih dari 80 judul game populer di PS4. Dukungan untuk judul-judul game lain dijanjikan bakal menyusul secara reguler dan dan bebas biaya.

Save Editor rencananya akan dirilis di Jepang pada Maret mendatang. Harganya dipatok sebesar 7.800 yen (Rp 930.000) untuk lisensi tunggal dan 14.800 yen (Rp 1,8 juta) untuk tiga lisensi.


sumber : kompas.com
Share: