KKP menargetkan produksi ikan nila pada 2011 naik 36,26%


Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan produksi ikan nila tahun ini sebanyak 639.300 ton. Jumlah ini naik sekitar 36,26% dari tahun 2010 yang sebanyak 469.173 ton. 

Menurut Ketut Sugama, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, ikan nila merupakan komoditas yang bisa diserap oleh pasar domestik maupun ekspor sekaligus. "Sehingga inilah yang membuat kami menargetkan produksi nilai naik cukup besar," tutur Ketut, di Bandung.

KKP telah menyusun program untuk mencapai terget ini. Contohnya, pengadaan bibit unggul. Selama ini, Indonesia sebenarnya sudah memiliki banyak bibit unggul nila baik untuk jenis base, wanayasa dan larasati. Namun, selama ini pengadaan kurang efisien terutama dalam proses alokasi penyebaran di daerah-daerah. 

Victor Nikijuluw, Sekretaris Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) KKP, bilang berdasarkan data Sensus Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) konsumsi nila terbesar berada di daerah Jawa yaitu sekitar 20 kilogram/per kapita.


sumber : kontan.co.id
Share:

Pengunjung

ANIMAL FEED MATERIAL

KAMI BERGERAK DI BIDANG PENYEDIAAN BAHAN PAKAN TERNAK. BAGI ANDA YANG MAU ORDER KAMI SIAP SUPLAY

Transportasi