Tips Memasak Ikan Beku

Memasak ikan yang telah dibekukan di freezer tidak mudah. Karena sering kali ketika Anda mencairkannya, bagian tengah ikan tidak mencair dengan sempurna.
Bila Anda salah mengolah ikan beku maka akan terasa bergetah dan kenyal. Juga, ketika Anda berusaha memasak hingga tengahnya masak, ikan menjadi terlalu masak.
Coba lakukan beberapa tips yang berikut untuk cara terbaik memasak ikan beku seperti diulas Fitday.
Pastikan ikan beku berkualitas tinggi
Salah satu kesalahan utama yang sering dilakukan adalah menggunakan ikan yang tidak berkualitas tinggi. Ikan beku yang berkualitas tidak selalu mahal, tetapi yang harus Anda perhatikan saat membeli ikan beku adalah cara membekukan ikan sehingga nutrisinya tetap terjaga.
Permasalahannya, bila Anda membeli ikan beku di swalayan, bukan terletak pada proses pembekuan karena semua produk ikan beku hampir sama. Bisa saja ketika Anda menyimpannya di rumah, Anda langsung memasukkan ikan di freezer tanpa berpikir dua kali. Beri label tanggal pembelian pada kemasan ikan beku, karena biasanya daya tahan ikan beku hanya sampai satu bulan sebelum berubah rasa dan teksturnya. Perhatikan pula kemasan makanan beku lainnya seperti kacang polong beku. Hal ini membantu melindungi kualitas ikan dan mencegah perkembangan proses pemanasan freezer.
Cairkan ikan dengan tepat
Pastikan untuk mencairkan ikan dengan benar. Seringnya, orang mengeluarkan filet ikan beku dari freezer dan langsung memasaknya di panci atau wajan. Ini adalah penyebab utama mengapa ikan terasa bergetah dan tidak matang dengan sempurna. Sebaiknya keluarkan ikan dari freezer dan letakkan di dalam mangkuk yang berisi air hangat. Usahakan, jumlah air harus menutupi semua bagian ikan atau ikan tenggelam. Tutup dengan selembar plastik dan biarkan ikan terendam sampai benar-benar cair. Tiriskan ikan hingga agak kering sebelum dimasak.
Pahami cara memasak ikan
Memahami bagaimana memasak ikan juga penting untuk mencapai hasil yang optimal. Ikan harus dimasak pada suhu rendah sampai sedang. Ikan yang dimasak dengan benar terlihat tidak mengkilap dan terasa keras ketika disentuh. Ikan yang matang mudah disuwir menggunakan garpu. Periksalah bagian terluar dan tengah ikan untuk memastikan ikan telah matang keseluruhan.
Bumbui ikan beku secara tepat
Gunakan sedikit bumbu untuk ikan beku. Ikan telah memiliki rasa yang unik sehingga tidak perlu terlalu banyak dibumbui. Gunakan bumbu herbal seperti kemangi, rosemary, asam untuk menyajikan hidangan lezat dan berkhasiat.
sumber : budidaya-ikan.com
Share: