Tiga Jenis Ikan Jadi Target Budidaya di Kerinci

Pemerintah Kabupaten Kerinci terus mendorong petani budidaya untuk mengembangkan tiga jenis ikan lokal yang sulit atau tidak ditemukan di daerah lain. Kepala dinas Perikanan dan Peteternakan Kabupaten, Gasdinul Gazam di Jambi, mengatakan, ada tiga jenis ikan lokal yang menjadi prioritas pengembangan yakni ikan semah, ikan barau, dan ikan medik.

"Pengembangan tiga jenis ikan lokal itu dilakukan lewat keramba tancap," katanya. Ia menyebutkan, untuk mengembangkan ikan lokal itu, pihaknya sudah membangun balai benih ikan (BBI) perairan umum.
BBI perairan umum itu membiakkan atau mengembangkan berbagai jenis ikan lokal untuk ditabur di Danau Kerinci dan sungai-sungai yang ada. Dengan adanya BBI tersebut, saat ini di Kerinci akan ada tiga  Balai Benih Air Tawar (BBAT) untuk meningkatkan produksi berbagai jenis ikan lokal.
Prioritas utama yang dikembangkan adalah ikan semah yang dikenal sangat enak dan gurih serta harganya lebih mahal dibanding ikan jenis air tawar lainnya yang hidup di danau dan sungai air deras. Permintaan dan peminat ikan itu juga kian tinggi, namun belum bisa diimbangi dengan produksi yang masih mengandalkan hasil tangkapan.
Warga yang bermukim di sekitar danau dan bantaran sungai arus deras itu, kini digalakkan untuk mengembangkan ikan tersebut lewat keramba tancap. Lewat keramba tancap dan memperbanyak lubuk larangan serta suaka mina bagi pengembangan ikan tersebut, diharapkan produksi ikan tersebut bisa ditingkatkan.
sumber : kompas.com
Share: