Produksi Ikan Air Tawar Kuningan Defisit 3.000 Ton

Produksi ikan budidaya air tawar di Kabupaten Kuningan Jawa Barat baru mencapai 9.645 ton per tahun atau baru bisa memenuhi kebutuhan ikan sekitar 75% dari total kebutuhan ikan air tawar yang mencapai 12.000 ton per tahun.
Defisit kebutuhan ikan di Kabupaten Kuningan sebanyak 3.000 ton per tahun selama ini masih disuplai dari kiriman ikan di daerah Purwakarta (Waduk Cirata dan Jatiluhur).
Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kuningan Triastami mengatakan peningkatan produksi ikan air tawar budidaya di Kabupaten Kuningan tergendala berbagai hal a.l kurangnya permodalan yang dimiliki petani, intensifikasi kolam yang kurang diperhatikan petani, dan masalah SDM yang kurang bisa membaca pasar dan terkesan budidaya ikan yang dilakukan bukan untuk bisnis.
“Tahun ini [2013] kami targetkan produksi bisa mencapai 15.574 ton atau 38% dari realisasi tahun lalu [9.645 ton] agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Kuningan,” katanya ketika dihubungi bisnis-jabar.com.
Triastami menuturkan untuk budidaya ikan air tawar para petani di Kabupaten Kuningan biasanya menggunakan media kolam air tenang, air deras, jaring apung, sawah mina padi, dan keramba bambu yang tersebar hampir di tiap kecamatan di Kabupaten Kuningan. 
sumber : budidaya-ikan.com
Share: