Pencurian Lele Marak, Pembudidaya Kampung Lele Merugi

Sejumlah peternak lele di Kampung Lele Desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit, Boyolali, mengeluhkan maraknya pencurian ikan lele milik mereka yang terjadi dalam kurun waktu beberapa pekan terakhir ini. Akibatnya, peternak lele mengalami kerugian jutaan rupiah.
Salah seorang peternak lele di Kampung Lele, Prihatiningsih, 51, mengaku pernah kehilangan ikan lele yang siap dijual dari kolam miliknya sekitar sebulan terakhir.
”Padahal itu [ikan lele] pesanan orang. Saya beli dari Jogja, kemudian saya masukkan ke kolam supaya tetap segar. Besok pagi saat akan saya ambil, kolam malah sudah kosong,” ungkap Prihatiningsih ketika ditemui wartawan di sela-sela aktivitasnya.
Prihartiningsih menuturkan ikan-ikan lele yang hilang tersebut berada di dalam kolam paling ujung. Diakuinya, kolam tersebut jauh dari pengawasannya.
”Saya masukkan ikan-ikan itu di kolam paling ujung, jadi memang agak susah ngawasinnya,” ungkap dia.
Akibat hilangnya ikan-ikan lele tersebut, Prihartiningsih mengaku mengalami kerugian hingga jutaan rupiah. Dia menduga, pencuri itu tidak berkerja sendirian. Sebab di sekitar kolam, tidak terlihat ada jejak yang ditinggalkan.
”Baru sekali ini [kecurian]. Tapi karena itu, saya rugi jutaan rupiah,” tuturnya.
Kejadian yang sama juga pernah dialami sejumlah peternak lainnya. Peternak lele lainnya, Halim, 67, juga mengakui hal itu. Agar tidak terjadi pencurian ikan di kolam, Halim mengatakan saat ini dirinya rutin memantau di sekitar kolam, khususnya malam hari.

Beberapa peternak lain, lanjut dia, juga melakukan langkah yang sama. Mereka pun bekerja sama untuk menjaga kolam-kolam yang ada di kawasan itu.
”Kami bekerja sama dengan pemilik kolam lainnya untuk melakukan patroli di kolam-kolam,” kata Halim.
sumber : budidaya-ikan.com
Share: