Pemerintah akan sebar penyuluh perikanan terlatih


Kementerian Kelautan dan Perikanan akan menyebar penyuluh perikanan terlatih ke seluruh daerah di Indonesia guna mendukung upaya peningkatan produksi ikan.

"Kami memiliki penyuluh yang sebelumnya sudah mendapat pelatihan teori dan praktik. Mereka akan terus kita terjunkan ke daerah yang memiliki potensi perikanan," kata Kepala Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Rina di Kotabaru, Kalimantan Selatan. 

Rina mengatakan kepala daerah yang membutuhkan tenaga penyuluh perikanan bisa mengajukan permintaan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan pemerintah akan mengirimkan penyuluh sesuai kebutuhan.

Dia mengatakan saat ini setidaknya ada 12.600 penyuluh perikanan yang tersebar di sejumlah daerah, baik  penyuluh pegawai negeri sipil, swadaya, maupun swasta.

Ia menambahkan, keberadaan penyuluh mandiri dan swasta sangat membantu nelayan maupun pengusaha ikan mengingat kemampuan pemerintah untuk menyediakan tenaga penyuluh terbatas.

"Adanya penyuluh mandiri dan swasta sangat membantu jumlah penyuluh yang ada," katanya.

Pengusaha ikan patin yang juga seorang penyuluh swadaya perikanan, H. Midhan, mengatakan penyuluh harus lebih banyak terjun ke lapangan.

"Banyak hal yang mereka hadapi justru tidak diperoleh saat menimba ilmu di pendidikan, sehingga perlu sering turun ke lapangan," katanya.

Dia mengatakan Kalimantan Selatan memiliki potensi perikanan yang sangat besar dan masih membutuhkan dukungan penyuluh dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.


sumber : antaranews.com
Share: