Minyak Ikan Cegah Kanker Kulit

Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of Manchester, disebutkan bahwa minyak ikan ternyata juga mampu melindungi kulit dari ancaman penyakit kanker. Dalam penelitian yang dikutip dari Dailymail, tim peneliti menemukan bahwa asam lemak omega-3 pada minyak ikan meningkatkan sistem imun yang membantu tubuh melawan kanker dan infeksi.
Menurut peneliti, sinar ultraviolet matahari yang sering disebut menjadi biang dari kanker kulit memang menguras habis sistem imun dalam tubuh manusia. Namun dengan mengonsumsi minyak ikan secara teratur, risiko dari kanker kulit akibat sinar ultraviolet matahari pun bisa ditekan.
Dalam penelitiannya, peneliti menguji 79 pasien. Mereka kemudian diminta mengonsumsi minyak ikan setiap hati sebelum akhirnya disuruh berjemur
selama 15 sampai 30 menit di tengah hari. “Selama ini, penelitian tentang khasiat minyak ikan dalam mencegah kanker kulit hanya diujicobakan pada tikus laboratorium. Namun kami berhasil membuktikannya kalau manusia juga mendapatkan manfaat yang sama,” papar Profesor Lesley Rhodes, pemimpin dalam penelitian ini.
Dilihat dari hasilnya, mereka yang sudah mengonsumsi minyak ikan mengalami penurunan sistem imun sebesar 50 persen lebih rendah setelah berjemur. Dalam penelitian yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition, peneliti menyebutkan, selain melindungi kulit dari kanker, minyak ikan juga telah terbukti mampu mencegah penyakit kardiovaskular. 
sumber : budidaya-ikan.com
Share: