Makanan ternyata bisa bikin kaki jadi bau tak karuan

Kaki manusia menjadi salah satu bagian tubuh yang biasanya luput mendapatkan perhatian. Hasilnya tak jarang kulit kaki jadi kasar hingga pecah-pecah, kuku kaki kotor, hingga kaki mengeluarkan bau tak enak. 


Well, kaki manusia memiliki sekitar 250 kelenjar keringat dan mengeluarkan sekitar 500 mililiter keringat setiap harinya. Dan saat keringat ini bercampur dengan bakteri bernama Brevibacterium, maka akan menimbulkan bau kaki.

Selain bakteri, berikut adalah faktor penyebab lainnya yang membuat kaki jadi bau.

Jamur kuku
Jamur kuku yang membuat kukumu jadi berwarna kekuningan turut serta membuat kuku jadi bau. Alasan utama munculnya jamur kuku adalah keringat yang membuat kaki jadi lembab.

Makanan
Beberapa makanan seperti daging merah, bawang-bawangan, telur, dan makanan laut cenderung menciptakan bau pada orang yang menderita ketosis. Tubuh kemudian memproduksi substansi yang disebut dengan ethylamine yang berbau khas seperti ikan yang amis. Untuk mencegahnya, hindari mengonsumsi makanan di atas dan minum banyak air untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. 

Infeksi
Infeksi yang ada di kaki seperti lecet atau luka yang tidak kering bisa membuat kaki jadi bau. Oleskan obat anti jamur yang membantu mengatasi masalah ini.

Bau kaki bisa kamu usir dengan cara rajin merendam kaki di dalam air yang dicampur dengan baking soda dan cuka. Bahan aktif di dalam campuran ini sangatlah anti bakteri dan anti jamur sehingga bisa mengurangi bau.


sumber : merdeka.com
Share:

Pengunjung

ANIMAL FEED MATERIAL

KAMI BERGERAK DI BIDANG PENYEDIAAN BAHAN PAKAN TERNAK. BAGI ANDA YANG MAU ORDER KAMI SIAP SUPLAY

Transportasi