KKP targetkan produksi ikan capai 22 juta ton


Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutarjo menargetkan produksi ikan pada tahun 2014 bisa mencapai 22 juta ton atau lebih tinggi dari produksi ikan tahun lalu sebesar 19,6 juta ton. KKP mengembangkan perikanan budidaya di darat, dan kalau di laut pakai teknologi satelit.

Hal itu dikatakan Sharif saat ditemui di Istana Negara. "Sekarang kita lebih percaya diri bisa mencapai target itu, karena sudah memiliki teknologi satelit, dimana kita sekarang sudah mengetahui pergerakan ikan sehingga kita bisa mengarahkan nelayan atau pengusaha ke tempat itu," tutur Sharif.

Dengan teknologi satelit itu, Sharif optimis bisa membuat para nelayan lebih mudah menangkap ikan dan lebih efektif. Selama lima tahun terakhir, populasi ikan di Indonesia sekitar 6,3 juta ton sampai 6,5 juta ton yang ada di laut Indonesia. 

Namun selama setahun terakhir, dengan tindakan melindungi daerah tertentu agar ikannya tidak diambil, diperkirakan jumlah ikan bertambah mencapai 7 juta ton. "Jadi kita itu sebenarnya hanya boleh mengambil 80% ikan dari total populasi ikan yang ada di lautan Indonesia," bebernya.

Potensi kekayaan ikan di luat yang besar bisa menjadi cadangan pangan Indonesia yang sangat besar. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, luas wilayah Indonesia yang tiga perempatnya terdiri dari lautan bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasil ikan yang besar untuk kesejahteraan rakyat.


sumber : kontan.co.id
Share: