Japfa Grup Adopsi Standar Budidaya Salmon Norwegia di Danau Toba

PT Suri Tani Pemuka (STP), perusahaan yang bernaung di bawah Japfa Grup melakukan sejumlah program kerja untuk menjaga kualitas perairan Danau Toba.
Salah satu programnya yakni menggunakan alat lift-up system yang merupakan standar budidaya ikan salmon di Norwegia dan diterapkan untuk ikan nila di Danau Toba.
"Tak ada pilihan selain menjaga lingkungan Danau Toba adalah pilihan," ujar External Relation Director Japfa Rachmat Indrajaya di Simalungun. "Karena itu (menjaga lingkungan), bagian dari loperasional kami," lanjut dia.
Lift-up system adalah sistem yang berfungsi menydedot ikan mati dan kotoran lainnya dari dasar keramba sehingga tidak mencemari danau. Bahkan, dengan sistem tersebut kotoran dan ikan mati bisa diproses untuk dijadikan pupuk organik.
Selain itu, PT STP juga menerapkan pemberikan pakan ikan menggunakan feed broadcaster, mesin buatan Kanada.
Mesin tersebut bisa melontarkan pakan ikan ke keramba jaring apung dengan akurat. Manfaatnya, untuk memantau pemberian pakan ikan bisa dilakukan dengan lebih akurat. Pakan yang diberikan pun merupakan pakan apung yang tidak tenggelam meski tidak dimakan oleh ikan.
Pakan itu disuplai dari PT Indojaya Agrinusa yang juga bernaung di bawah Japfa Grup. "STP terus melakukan penelitian guna memproduksi pakan dengan kadar phospor yang semakin rendah," kata Rachmad.
sumber : kompas.com
Share: