Jambi target produksi ikan budidaya 54.000 ton

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi menargetkan produksi ikan budidaya sebanyak 54.000 ton pada tahun ini.
Kepala DKP Provinsi Jambi Syaifuddin mengatakan, target produksi ikan budidaya yang melalui produksi dari keramba dan kolam di daerah itu masih sama dengan tahun sebelumnya. "Produksi ikan budidaya tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Jambi," .
Menurutnya, semua kabupaten/kota di Provinsi Jambi telah mendapat jatah target produksi masing-masing yang sesuai dengan kondisi daerahnya. "Target tersebut sudah kita masukkan dalam pembagian tugas, jadi setiap kabupaten mendapat jatah target masing-masing," jelas Syaifuddin.
Dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi, ada tiga kabupaten dan satu kota yang menjadi sentra perikanan budidaya, yaitu Kabupaten Muarojambi, Batanghari, Merangin dan Kota Jambi. "Wilayah yang menjadi sentra perikanan budidaya ini mendapat jatah atau porsi target yang lebih besar, ketimbang daerah yang lainnya," imbuhnya.
Ia menyebut, DKP masih memvalidasi realisasi produksi hingga Mei 2016 untuk dilaporkan ke DKP Provinsi Jambi. Untuk merealisasikan target tersebut, pihaknya mengaku terus melakukan pembinaan terhadap kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan).
Pembinaan tersebut diantaranya meningkatkan kualitas SDM para pembudidaya ikan. "Pembinaan yang kita lakukan seperti melalui sekolah lapangan/praktek, bagaimana membudidaya ikan dengan baik, dan petugas kita di lapangan selalu memberikan arahan seperti itu," ujarnya.
Saifuddin menambahkan, produksi ikan yang dihasilkan dari proses budidaya di Jambi tersebut di antaranya ikan nila, patin, gurami, emas serta ikan lele.
sumber : kontan.co.id
Share: