IKan Sidat Danau Limboto Terancam Punah

Ikan Sidat atau yang dikenal masyarakat Gorontalo dengan Sogili yang dulu banyak terdapat di Danau Limboto kini sudah mulai berkurang bahkan terancam punah. Oscar Ibrahim dari G–Kingker Research kepada RRI mengatakan, sesuai hasil penelitiannya, jumlah ikan sidat atau sogili di danau Limboto diperkirakan tinggal sebanyak 500 ekor.
Ini perlu mendapat perhatian serius mengingat Danau Limboto merupakan kawasan yang potensial untuk pengembangan ikan sidat. Hal ini dibuktikan dengan ukuran ikan sidat yang hidup di Danau Limboto yang bisa sebesar lengan orang dewasa.
“Jumlahnya tinggal sekitar 500 ekor, ini jika terus dipancing oleh masyarakat, lama kelamaan Sidat tinggal Cerita bagi anak cucuk kita,” ungkap Oscar Ibrahim Menurut Oscar Ibrahim, budi daya ikan sidat sangat menjanjikan.
Bahkan kebutuhan ikan sidat dunia, belum tercukupi. Hal ini jika dimanfaatkan oleh masyarakat Gorontalo dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengingat ikan sidat memiliki nilai jual tinggi terutama jika diekspor ke luar negeri, seperti Jepang dan negara- negara di Asia dan Eropa Barat kata Oscar Ibrahim merupakan negara yang sangat membutuhkan pasokan ikan sidat.
sumber : budidaya-ikan.com
Share: