Hama wereng serang ratusan hektare sawah Karawang


Organisme pengganggu tanaman atau hama wereng coklat menyerang ratusan hektare areal persawahan yang tersebar di berbagai daerah sekitar Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Dari laporan yang kami terima, hingga kini sudah ada 900 hektare sawah yang terserang hama wereng coklat," kata Kepala Dinas Pertanian setempat Kadarisman, di Karawang. 

Ia mengatakan, saat ini serangan hama tanaman cukup besar. Areal persawahan yang terkena serangan hama itu terjadi di berbagai daerah sekitar Karawang. 

"Kami sudah melakukan pendataan sesuai dengan laporan di lapangan. Saat ini memang kondisi serangan OPT (organisme pengganggu tanaman) cukup tinggi, terjadi di seluruh kecamatan sekitar Karawang," kata dia. 

Selain 900 hektare sawah yang terkena hama wereng coklat, ada pula areal persawahan seluas sekitar 30 hektare yang terkena serangan hama ulat grayak. 

Areal sawah seluas sekitar 67 hektare lainnya terkena serangan hama penggerek batang serta 67 hektare areal sawah lainnya terkena serangan hama tikus. 

Kadarisman mengatakan, areal persawahan yang terkena serangan hama itu tersebar di 30 kecamatan sekitar Karawang. 

Ia mengaku sudah menurunkan seluruh petugas penyuluh lapangan pertanian agar membantu para petani mengatasi serangan hama atau organisme pengganggu tanaman. 

"Kami sudah menerapkan gerakan massal pengendalian hama terkait serangan hama yang sudah merata di areal persawahan sekitar Karawang," kata dia. 

Diharapkan agar antisipasi serangan hama berbagai jenis itu bisa segera diatasi, sehingga tidak mengganggu produksi pertanian. 


sumber : antaranews.com
Share: