Dua kebakaran terjadi di Jakarta Utara


Dua peristiwa kebakaran terjadi di Jakarta Utara sepanjang Senin menghanguskan sebanyak 40 rumah warga dan 29 unit bangunan pengolahan hasil ikan di kawasan Muara Angke.

"Kebakaran pertama terjadi di RW 03, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara sekitar pukul 09.30 WIB menyebabkan 40 unit rumah warga hangus terbakar," kata Kasi Operasional Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Utara Muchtar Zakaria di Jakarta.

Ia mengatakan untuk memadamkan api diturunkan sekitar 18 unit kendaraan pemadam kebakaran dan dipastikan tidak ada korban jiwa.

Lebih lanjut ia mengatakan karena lokasi kebakaran berdekatan dengan depo Pertamina Plumpang petugas langsung mengantisipasi agar api tidak menjalar ke depo.

"Api baru dapat di padamkan sekitar pukul 11.00 WIB dan seluruh unit telah kembali," kata dia.

Menurut dia, pemukiman yang terbakar sebagian adalah rumah semi permanen dimana akses menuju lokasi cukup sulit, karena hanya gang sempit yang dapat dilalui kendaraan roda dua.

Terkait sumber api masih diselidiki, ada yang mengatakan dari kompor yang meledak, namun ada juga yang menyebut berasal dari arus pendek, oleh sebab itu penyebab pasti hingga saat ini belum diketahui, katanya.

Sementara, peristiwa kebakaran kedua terjadi di Kompleks Pengolahan Hasil Perikanan Tradisional (PHPT) Muara Angke, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara sekitar pukul 14.30 WIB.

Muchtar mengatakan akibat kebakaran tersebut sebanyak 29 unit bangunan di dua blok yaitu, Blok B dan C musnah terbakar.

Ia menyebutkan sebanyak 21 unit mobil pemadam diterjunkan ke lokasi dan sekitar satu jam kemudian api berhasil di padamkan.

Ia menambahkan hingga saat ini kerugian masih didata dan penyebab api masih diselidiki, namun tidak ada korban jiwa maupun luka akibat peristiwa itu.


sumber : antaranews.com
Share: