Diperbarui, WhatsApp Android Bisa Kirim Animasi GIF


November tahun lalu, WhatsApp menambahkan fitur pengiriman dan pengiriman animasi berformat GIF ke aplikasinya di iOS. Sekarang giliran WhatsApp Android mendapat kemampuan serupa.

Pantauan KompasTekno, dukungan GIF muncul di WhatsApp versi 2.17.27 yang sudah bisa diunduh di toko aplikasi Google Play Store .



GIF adalah singkatan dari Graphics Interchangeable Format yang berupa looping animasi pendek tanpa suara. 

Setelah dulu populer pada masa-masa awal kehadiaran internet, GIF belakangan kembali naik daun sebagai sarana untuk mengekspresikan mood atau membuat meme. 

Cara mengirim GIF lewat WhatsApp mudah saja, bisa dengan memilih file bersangkutan di ponsel, menekan opsi “share”, lalu memilih WhatsApp. Cara pengirimannya sama seperti file gambar atau video jenis lain.



Begitu terkirim, WhatsApp di ponsel penerima akan menampilkan thumbnail file dengan label “GIF”. Animasi GIF akan dimulai begitu menerima meng-klik thumbnail tersebut.

WhatApp bisa mengirim dan menerima file GIF dengan animasi maksimal sepanjang 6 detik.

Selain mendukung pengiriman dan penerimaan animasi GIF, WhatsApp juga menyertakan search engine GIF terintegrasi yang menggunakan mesin Tenor atau Giphy. 

Search engine GIF ini bisa diakses dengan menglik icon emoji di kiri kolom pengetikan pesan. Aneka pilihan GIF berikut fitur search akan ditampilkan di tab terpisah di samping kolom emoji.


sumber : kompas.com
Share: