Budidaya Tanaman Hias Begonia

Begonia memiliki banyak sekali varietas dan persilangan, sehingga jenis tanaman ini tidak begitu mudah dilakukan penggolongan secara terperinci. Untuk mempermudah pengenalan tanaman tersebut begonia bisa dibedakan menjadi tiga kelompok dasar yang setiap kelompok masing-masing memiliki ciri khas.

Ketiga kelompok begonia tersebut adalah :
1. Rex Begonia yang terdiri dari : merry christmas, silver sweet, helen teupel.
2. Rhizomatous Begonia terdiri dari : begonia erythrophylla, begonia bessie buxton, begonia maphil, begonia joe hayden, begonia iron cross.
3. Basket Begonia yang terdiri dari : abel carriere, faliosa.

Begonia akan tumbuh baik jika mendapatkan cahaya matahari yang tidak langsung. Oleh karena itu begonia banyak di tempatkan di teras-teras rumah maupun di dalam rumah. Jika menggunakan cahaya buatan maka begonia sebaiknya mendapatkan cahaya yang mempunyai kekuatan 400 f.c.

Begonia ini juga akan tumbuh baik jika berada pada suhu siang hari 70 - 75 derajat fahrenheit, dan suhu pada malam hari berkisar antara 60 - 65 derajat fahrenheit.

Media tanam yang baik untuk begonia adalah campuran satu bagian tanah kebun, satu bagian pupuk kandang atau kompos, dan satu bagian pasir. Media tanam tersebut harus selalu dalam keadaan lembab.

Pemupukan begonia ini cukup dilakukan dua bulan sekali. pada bulan-bulan kering atau musim kemarau sebaiknya tidak dilakukan pemupukan.

Perbanyakan tanaman pada begonia ini dilakukan dengan stek batang atau stek daun. Sedangkan Rhizomatous begonia seperti Rex begonia dan Basket begonia bisa dikembangbiakkan dengan potongan rizomanya pada musim penghujan.

sumber : gemawirausaha.blogspot.com
Share: