Bromelia, Daun Cantik Penuh Khasiat

HELAI daun pada tanaman kerap dianggap biasa. Tapi, coba lihat dedaunan yang menjuntai ini. Daunnya berpedar dari warna hijau pekat, hijau lumut, hingga ada yang berwarna merah menyolok atau merah jambu. Ya, itulah keunikan tanaman hias bernama Bromelia. 

Bromelia berasal dari Amerika Latin, yakni Argentina dan Brasil. Tanaman hias ini tergolong keluarga bromeliaceae. Lalu, ada pula yang menyatakan beberapa spesiesnya mirip dengan nanas hias. 

Ternyata, selain warna helai daun yang unik, bromelia ini oleh warga Amerika Latin ini dipercaya banyak mengandung kalsium, vitamin c, membasmi cacing, hingga membuat daging menjadi empuk.

"Bromelia ini bisa ditaruh di dalam ruangan atau diluar ruangan. Perawatannya juga mudah, misalnya ketika tanahnya sudah kering, segera siram. Usahakan tidak terkena matahari langsung," ujar Iwan, penjual Bromelia di Pameran Flora dan Fauna, Lapangan Banteng, Jakarta.

Lanjutnya, masih ada jenis bromelia, mulai dari bromelia kuning, ungu, orange, merah, hingga merah jambu. "Nah, bromelia lilac pink ini spesies terbaru. Dan harganya masih tinggi karena perkembangbiakannya masih sedikit," terangnya sembari menunjuk bromelia berwarna pink menyala.

Secara umum, harga bromelia tergolong terjangkau. "Ukuran kecil (pot 15) berkisar Rp 25 ribu-Rp 75 ribu. Kalau ukuran medium (pot 20) berharga Rp 50 ribu-Rp 150 ribu. Sedangkan, ukuran besar (pot 24) harganya di atas Rp 150 ribu," sambung Iwan.

Agar bromelia lebih 'cantik', tidak hanya diletakkan di pot saja. "Bisa juga ditaruh di batok kelapa atau pipa yang diulir sabut kelapa," saran penjual bromelia yang sehari-hari berjualan di daerah Ciapus, Bogor ini.


sumber : gemawirausaha.blospot.com
Share: