Bantul Optimalkan Budidaya Ikan Kolam Terpal

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Benih Ikan Gesikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, saat ini mengoptimalkan kolam terpal untuk membudidayakan benih ikan.
“Sejak tiga bulan ini kami optimalkan kolam terpal sebagai tempat budidaya benih ikan nila, karena kolam yang lama sudah tidak dapat difungsikan,” kata Koordinator UPT Balai Benih Ikan Gesikan, Bantul, Riza Ikhsan di Bantul.
Menurut dia, Balai Benih Ikan ini sebelumnya telah memanfaatkan kolam tanah untuk membudidayakan benih ikan, namun karena pori-pori tanah membesar akibat gempa bumi Bantul dan sekitarnya 2006 lalu sehingga tidak dapat difungsikan.
“Pascagempa bumi banyak struktur tanah dasar kolam yang rusak, sehingga air kolam cepat habis karena pori-pori tanah membesar, maka kami terpaksa menggunakan terpal untuk dasar kolam agar air lebih awet,” katanya.
Ia mengatakan, sebenarnya UPT menghendaki untuk membuat kolam permanen dengan semen, namun terkendala anggaran yang minim, sehingga agar tidak memutus produksi benih ikan, maka diupayakan membuat kolam sementara.
“Awalnya ada 17 kolam tanah besar ukuran 10 kali 15 meter, namun saat ini sudah ada 19 kolam terpal karena tiap kolam tanah ada yang dibuat dua kolam terpal,” katanya.
Menurut dia, meski menggunakan kolam terpal, namun pihaknya meyakini tidak akan mempengaruhi produktivitas benih ikan dibanding dengan menggunakan kolam permanen.
“Kami memang konsentrasi untuk benih nila, jadi konstruksi kolam tidak berpengaruh baik pakai terpal maupun permanen, namun justru lebih baik pakai kolam tanah, namun tidak mendukung jadi pakai terpal,” katanya.
Ia mengatakan selama kurang lebih tiga bulan ini, UPT berhasil menghasilkan sebanyak 50.000 benih nila umur dua bulan yang dijual ke petani ikan dan diharapkan produksi benih ke depan semakin meningkat.
“Budi daya benih ikan di Bantul sangat potensial, karena permintaan benih di pasaran cukup banyak, kami berharap nantinya UPT ini bisa menjadi andalan sebagai produsen benih ikan di Bantul,” katanya.
sumber : budidaya-ikan.com
Share: