10 Persen Lahan Pertanian Kutai Timur dari Kawasan Budidaya Non Kehutanan

Masalah ketahanan pangan adalah permasalahan lokal, nasional, dan global yang terus dicari solusinya. Dalam konteks lokal, kebutuhan terhadap pangan terasa menguat dan mendesak. Secara teknis, persoalan ketahanan pangan berbanding lurus dengan ketersediaan lahan usaha pertanian.
Di Kabupaten Kutai Timur, mayoritas lahan Kawasan Budidaya Non Kehutanan (KBNK) ternyata difungsikan untuk kepentingan perkebunan sawit dan pertambangan. Sedangkan untuk pengembangan pertanian, hanya mendapatkan porsi sekitar 10 persen dari KBNK.
Kepala Dinas Pertanian Kutim, Syarifuddin Ginting, mengatakan saat ini luas area lahan pertanian di Kutim hanya mencapai sekitar 10 persen dari KBNK. Sedangkan Kawasan Budidaya Kehutanan (KBK) belum pernah difungsikan untuk pertanian. Hal ini karena permohonan pemanfaatan masih diusulkan dalam revisi tata ruang daerah.
Ginting mengatakan, sektor pertanian memiliki peran yang penting dalam menyuplai kebutuhan pokok manusia. Kebutuhan terhadap pangan juga mengikat setiap orang secara berkesinambungan. Karena itu, program intensifikasi dan ekstensifikasi (perluasan lahan pertanian) harus terus ditingkatkan.
"Saat ini luas persawahan di Kutim sekitar 6.000 hektar. Kita menargetkan swasembada lokal tercapai di 2015. Tentunya dengan program intensifikasi dan ekstensifikasi sekaligus. Termasuk di daerah-daerah yang memiliki bendungan representatif. Seperti Kaubun, Kongbeng, dan Long Mesangat," katanya.
Tentang pencetakan sawah baru, Ginting mengatakan rata-rata bertambah 1.000 hektar per tahun yang didanai APBN.
"Pada sisi lain kami juga melakukan intensifikasi, sehingga volume produksi bertambah, dan bisa dilakukan penanaman dua kali dalam setahun," katanya.
Adapun program food estate, saat ini Kutim telah menetapkan lokasi sekitar 62.000 hektar.
"Namun kawasan tersebut masih berstatus Kawasan Budidaya Kehutanan. Adapun peminatnya sudah penuh sesuai kuota tersebut," katanya.
sumber : tribunnews.com
Share:

Pengunjung

ANIMAL FEED MATERIAL

KAMI BERGERAK DI BIDANG PENYEDIAAN BAHAN PAKAN TERNAK. BAGI ANDA YANG MAU ORDER KAMI SIAP SUPLAY

Transportasi