Usaha Budidaya Zaitun

Peluang usaha budidaya tanaman ternyata memberikan hasil yang cukup menguntungkan. Dari segi permintaan pasar juga banyak. Para penggemar zaitun di tanah air ternyata hanya menjadikan tanaman ini sebagai ornamen atau penghias sudut di rumah. Jenis bibit tanaman ini dibanderol mulai harga kisaran 300 ribu hingga 700 ribu. Dengan harga itu, pelaku usaha budidaya sanggup mendapatkan omset sampai puluhan juta rupiah. 

Zaitun atau yang memiliki nama latin Olea europaea adalah tanaman asli Timur Tengah dan Afrika Selatan. Tumbuhan tersebut mempunyai beberapa manfaat untuk kehidupan manusia. Manfaat pertama tumbuhan itu bisa dari buahnya. Buah zaitun yang sudah tua bisa menghasilkan minyak yang dapat dimanfaatkan buat berbagai jenis kebutuhan. Dari mulai kesehatan hingga produk kecantikan wanita. 

Hal tersebutlah yang membuat tanaman ini menjadi banyak dicari di Indonesia bahkan di dunia. Salah satu contoh pelaku budidaya tanaman ini di negara kita adalah Parta Suhanda di Bogor Jawa Barat. Kurang lebih sudah 5 tahun dia fokus membudidayakan bibit pohon zaitun. Alasan dia tertarik membudidayakan tanaman ini, karena permintaan pasar untuk pohon zaitun di Indonesia cukup tinggi, sedangkan untuk stok pasokan masih sedikit. 

Dia menjual bibit zaitun langsung ke konsumen, selain itu juga memasok para pedagang tanaman hias. Rata-rata konsumennya berasal dari Bogor dan Jakarta. Parta Suhanda menyatakan sering kwalahan memenuhi permintaan, terutama dari para pedagang tanaman. Katanya ada pedagang yang memesan 100 pohon dalam satu bulan, namun dia tidak bisa mensanggupinya. 

Cara membudidayakan tanaman rumahan ini adalah kuncinya harus hati-hati. Hal itu dikarenakan tanaman tersebut sangat sensitif terhadap perubahan tempat, dan bisa mati jika akarnya belum cukup kuat. Tumbuhan ini sangat menyenangi cuaca panas, karena itu tanaman ini termasuk yang tumbuh di daerah panas. Jika saat musim panas tiba, dia sanggup memasarkan lebih dari 100 pohon tiap 1 bulan. Dengan harga jual bibit 300 ribu hingga 500 ribu tiap batangnya dia bisa mendapatkan omset kira-kira Rp30.000.000 sampai Rp40.000.000 tiap bulannya.


sumber : gemawirausaha.blogspot.com
Share:

Pengunjung

ANIMAL FEED MATERIAL

KAMI BERGERAK DI BIDANG PENYEDIAAN BAHAN PAKAN TERNAK. BAGI ANDA YANG MAU ORDER KAMI SIAP SUPLAY

Transportasi