Tanam stroberi di rumah bisa datangkan duit

Menanam buah stroberi di halaman rumah ternyata dapat dijadikan mata pencaharian andalan masyarakat Ciwidey dan sekitarnya. Jenis tanaman ini tak membutuhkan lahan yang luas karena dapat tumbuh subur jika ditanam dengan menggunakan media polybag.

Ketua Asosiasi Agrobisnis dan Wisata Kabupaten Bandung Agus Sumarna mengatakan berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, kepemilikan lahan masyarakat Kabupaten Bandung rata-rata hanya 0,2 hektare atau hanya 1/10 hektare saja. Lahan yang hanya sedikit itu akan sangat produktif dan menghasilkan kalau digunakan untuk menanam buah stroberi.

“Luas tanah 1/10 hektare bisa dijadikan tempat polybeg strawberry sebanyak 1.000 buah, dengan jumlah polybag sebanyak itu akan menghasilkan 70 kg buah per-2 hari,” kata Agus hari ini.

Agus menuturkan kalau perawatan tanaman terjaga seperti penyiraman dan pemupukan, maka selama masa produktif tanaman (3 tahun), hasil buahnya pun akan tetap terjaga.

“Kalau harga perkilo buah strawberry Rp25.000 saja, maka hasil per-2 hari sebanyak 70 kg akan menghasilkan omzet sekitar Rp1.000.000 lebih,” tuturnya. 

sumber : gemawirausaha.blogspot.com
Share: