Sumbar tingkatkan pengelolaan sumber daya perairan laut


Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus meningkatkan pengelolaan sumber daya perairan laut, pesisir dan pulau-pulau kecil di wilayahnya dengan alokasikan dana sebesar Rp625 juta bersumber dari APBD Sumbar.

"Untuk tahun anggaran 2013 pengelolaan tersebut dilaksanakan melalui satu program yang dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan bersama pihak terkait lainnya," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang.

Terkait dengan program ini, Pemprov terus meningkatkan lokasi ekosistem perikanan yang dilindungi untuk mendukung peningkatan produksi sektor tersebut, ujarnya.

Peningkatan jumlah lokasi ekosistem tersebut dilakukan secara bertahap selama lima tahun dari 2011 hingga 2015.

Ia menyebutkan setiap tahun akan dilakukan penambahan lahan ekosistem perikanan yang dilindungi masing-masing dua lokasi sehingga dalam lima tahun ke depan jumlah lahan tersebut menjadi 10 lokasi.

Selain meningkatkan lokasi ekosistem, dalam periode yang sama Sumbar juga akan meningkatkan luas lahan produksi olahan perikanan budi daya di daerah ini.

"Dalam lima tahun tersebut ditargetkan dapat diperluas lahan pengolahan perikanan budi daya mencapai 25 hektare," katanya.


sumber : antaranews.com
Share: