Seputar Nutrisi Hebat Pecel Lele

Bagi beberapa orang, makan ikan salmon akan terasa lebih istimewa daripada makan ikan lele.vBarangkali karena ikan lele kurang bergengsi dan kurang mahal. Padahal selain murah danvmudah didapat, gizi yang terkandung dalam ikan lele tidak kalah dibanding ikan mahal semacam salmon, tuna dan kod. Selain itu mengolah ikan lele sangat mudah dan tidak terlalu amis.
Masih ada lagi keistimewaannya, ikan lele lebih aman untuk dikonsumsi oleh wanita hamil, karena rendah merkuri. Ikan laut seperti ikan salmon,tuna dan lain-lain, tidak dianjurkan untuk wanita hamil karena tinggi merkuri. Merkuri ini bisa mengganggu pertumbuhan janin dalam kandungan, bisa merusak perkembangan janin dan bisa mengakibatkan kecacatan.
Kandungan lemak yang rendah pada daging ikan lele, yaitu 2 gram/100 gram dagingnya menjadikan ikanlele lebih sehat untuk jantung dibandingkan dengan daging sapi yang mengandung 14 gram lemak per 100 gram dagingnya, apalagi bila dibandingkan dengan ayam yang mengandung 25gramlemak/100gram dagingnya.
Lemak sudah bukan sesuatu yang asing lagi, dimana-mana lemak disebut-sebut sebagai penyebab berbagai penyakit mematikan, salah satunya adalah penyakit jantung koroner. Tingginya lemak jahat dalam tubuh akan menurunkan kualitas pembuluh darah. Pembuluh darah menjadi kaku dan sempit sehingga akan mengurangi pasokan darah ke tempat-tempat yang diperlukan. Apabila penyempitan ini terjadi di pembuluh darah jantung, akibatnya jantung akan mengalami penurunan pasokan darah, selanjutnya akan mengganggu fungsi organ pemompa darah ini. Secara medis hal ini disebut Jantung Koroner.
Omega 3 dalam ikan lele, walaupun tidak sebanyak dalam ikan laut, juga menjaga kualitas embuluh darah, menjaga sruktur dan fungsi normalnya.
Tidak hanya orang dewasa, anak-anakpun mendapatan bayakmanfaat dengan mengkonsumsi ikan lele, tentu penyajian tidak dalam pecel lele. Kandungan vitamin A, B6, B12 dan D-nya sangat baik untuk perkembangan dan daya tahan tubuh anak-anak. Ditambah lagi berbagai mineralseperti fosfor dan zat besiyang tentu sagat bermanfaat terutama untuk ibu hamil dan perkembangan janinnya.
Ikan Lele yang biasanya disajikan bersama lalapan kemangi dan sayuran lainnya, melengkapi kekayaan gizi hidangan lele ini. Kemangi mengandung vitamin A dan C yang berfungsi sebagai anti oksidan. Anti oksidan berperan dalam menjaga kualitas pembuluh darah dan mencegah penyakit jantung serta mencegah penuaan dini. Daun kemangi mengandung 750 IU vitamin A dan 50 gram vitamin C per 10 gramnya. Tetapi bagi ibu hamil sebaiknya tidak usah makan daun kemangi dulu karena ada sumber yang menyebutkan bahwa sari daun kemangi bisa mengakibatkan keguguran.
Meski kaya kandungan gizi, pengolahan makanan menjadi hal penting agar zat gizi tidak hilang dari bahan makanan tersebut, termasuk untuk pecel lele ini. Anda harus memilih bila mau ke warung lele. Pastikan penjual menggoreng dengan minyak bening yang tidak dipakai berulang-ulang dan minta agar tidak digoreng terlalu kering. Karena bila digoreng dengan minyak yang hitam, digoreng kering, zat gizinya akan berkurang sampai hilang dan kandungan kolesterolnya juga akan meningkat tajam.

sumber : budidaya-ikan.com



Share: