Sensasi Bilendango, Ikan Goreng Daun Pisang

KALAU bosan dengan olahan ikan goreng atau bakar, sebaiknya jajal Ikan Bilendango. Makanan khas Gorontalo ini dijamin memancing selera makan Anda.
Bisa dibilang, proses memasak Ikan Bilendango cukup unik sebab digoreng, tetapi menggunakan daun pisang sebagai alasnya. Untuk ikannya, Anda bisa memilih sesuai selera. Namun menurut juru masak Rumah Makan Gorontalo, Sarah Gusasi, lebih enak memakai ikan laut karena tekstur dagingnya mampu menyerap bumbu dengan baik.
Bahan-bahan yang digunakan, adalah cabai merah, bawang merah, dan tomat yang dihaluskan bersama. Tambahkan garam untuk menambah rasa.
“Bilendango adalah olahan ikan yang diberi bumbu di bagian dalam serta atasnya sehingga saat dimakan, sensasi bumbunya akan terasa,” tuturnya saat ditemui di Boulevard Kelapa Gading, Jakarta, belum lama ini.
Nah, penting untuk diperhatikan daun pisang yang akan dipakai sebagai alas menggoreng ikan. Bila tidak, dijamin daun pisang akan lepas dan tidak bisa membungkus ikan dengan sempurna.
“Ketika menggoreng Bilendango, selain minyaknya harus panas, ikannya juga tidak usah dibalik supaya tidak hancur. Yang terpenting, ikan harus tenggelam lalu biarkan matang secara keseluruhan,” paparnya.
Gunakan api kecil untuk menggorengnya. Ketika minyak sudah panas, masukkan ikan barulah api dikecilkan.
“Jangan lupa beri daun kemangi di atasnya supaya ikan lebih wangi. Daun kemangi dan daun pisang akan meresap ke dalam olahan ikan sehingga saat dimakan aroma wanginya akan tercium,” tutupnya. 
sumber : budidaya-ikan.com
Share: