Produksi Ikan Turun, DKP Kendal Bagi Benih Ikan

Selama bulan Ramadan produski ikan di Kendal cenderung menurun, terutama produksi ikan tangkapan dari laut. Penururunan tangkapan ikan laut disebabkan karena pengaruh angin timur. ’’Produksi ikan tangkapan memang cenderung turun, namun produksi ikan tambak tetap stabil,’’ jelas Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Tjipto Wahjono .
Ditambahkan, meski stok ikan menurun dan permintaan masyarakat selama Ramadan dan menjelang lebaran cenderung meningkat. ’’Makanya untuk menggenjot produksi ikan tambak sebelumnya memang kita bagikan benih ikan sehingga saat kebutuhan melonjak stok masih tersedia,’’ imbuhnya.
Sebagai upaya meningkatkan produksi ikan tambak, Dinas Perikanan dan Kelautan membagikan ratusan ribu benih ikan berbagai jenis kepada peternak ikan disejumlah kecamatan di Kendal. Benih ikan yang dibagikan mulai dari Lele, Gurami, Bandeng, Nila dan Patin.
Tjipto mengatakan, benih ikan yang dibagikan yaitu Nila sejumlah 100 ribu benih untuk dua desa yaitu Purwosari dan Bringinsari Kecamatan Sukorejo. Selain membagikan benih ikan, pihaknya juga memberikan pakan ikan secara gratis sejumlah 3,6 ton. Selain memberikan ikan Nila.
Pihaknya juga membagikan benih ikan Lele sejumlah 200 ribu untuk 40 penerima baik perorangan maupun kelompok dan pakan ikan bervariasi mulai dari 400 Kg untuk perorangan dan 3,6 ton untuk kelompok.
Menurut Tjipto, benih ikan Pati juga banyak diminta masyarakat, ada sekitar 20 ribu benih ikan Patin yang diberikan di Trimulyo dan Sukorejo dengan pakan 100 Kg dan 600 Kg. Yang terahir dibagikan 10 ribu benih ikan Gurami dan 240 ribu benih ikan Bandeng untuk warga Tambaksari, Kalirejo dan Sidomulyo.

sumber : budidaya-ikan.com


Share: