Posyandu Nirwana, Jawara Berkat Usaha Ternak Lele

Posyandu Nirwana, Kelurahan Bukit Nenas, Kecamatan Bukit Kapur, berhasil menjuarai lomba tingkat Kota Dumai. Dengan demikian, posyandu ini akan mewakili Dumai dalam lomba tingkat Provinsi Riau.
‘’Posyandu Nirwana mampu meraih prestasi membentuk dana sehat, usaha industri rumah tangga milik kader dan usaha kolam ikan lele produktif,’’ kata Waginen, Lurah Bukit Nenas.
Keberhasilan yang diraih oleh Posyandu Nirwana didapat atas kerja keras dalam mewujudkan balita sehat, serta melaksanakan berbagai program Posyandu yang telah ditetapkan pemerintah. Juga dengan kegiatan usaha yang bertujuan meningkatkan ekonomi kader.
Poyandu Nirwana ini sebagai posyandu percontohan dalam menjalankan program dana sehat yang sumber pendanaannya didapat dari setoran sukarela anggota kader posyandu.
Dana tersebut digunakan membuat makanan tambahan gizi bagi balita, serta dijadikan modal usaha posyandu, seperti membuat keripik ubi, peternakan ikan lele jumbo, pembuatan kebun tamanam obat.
Posyandu Nirwana telah dua kali panen ikan lele. ‘’Hasil dari penjualan ikan tersebut sebagian dibuat modal lagi dan sebagian dijadikan sebagai sarana untuk memberikan tambahan makanan bergizi bagi balita agar balita yang ada di sekitar Posyandu gizinya dapat terpenuhi,’’ ujar Ketua Kader Posyandu, Wahyu Hidayati.
‘’Hasil dari usaha yang ada ini kami gunakan sebagian untuk modal usaha dan sebagian lagi kami pergunakan untuk memenuhi gizi bagi balita yang rutin dalam setiap bulannya membawa bayinya ke Psyandu Nirwana ini,’’ katanya.
Kepala Puskesmas dr Hj Reflija mendukung penuh aktivitas Posyandu Nirwana. Ia menilai kegiatan posyandu yang baru berumur setahun mempunyai kegiatan-kegiatan ekonomi produktif disamping melaksanakan program kesehatan anak dan keluarga.

sumber : budidaya-ikan.com



Share: