Pokdakan Purbalingga Peroleh Bantuan Usaha Perikanan

Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Slamet Soebjakto menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Pengembangan Usaha Mina Pedesaan Perikanan Budidaya (BLM PUMP-PB) kepada 12 kelompok petani pembudidaya ikan (Pokdakan) di Purbalingga.
Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di Pendopo Dipokusumo, Purbalingga. Total bantuan yang diserahkan sebesar Rp 780 juta.
BLM PUMP-PB merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pemberian bantuan pengembangan usaha bagi pembudidaya ikan. Bantuan tersebut diberikan untuk menumbuh kembangkan usaha perikanan budidaya sesuai dengan potensi masyarakat dan desanya.
Pokdakan penerima bantuan untuk budidaya ikan gurame adalah kelompok Mina Tirta Wungu (Desa Kutawis, Kecamatan Bukateja), Ababil (Cipawon, Bukateja), Muda Lestari (Langgar, Kejobong), Sida Mukti (Majasem, Kemangkon), Rejo Sari (Kedung Legok, Kemangkon), Sumber Makmur (Sumingkir, Kutasari), dan Pokdakan Guramih Sari (Desa Bedagas, Kecamatan Pengadegan).
Untuk budidaya ikan lele meliputi pokdakan Sahabat (Purbasari, Karangjambu), Rawa Mas (Lamuk, Kejobong), dan Pokdakan Puji Lestari (Margasana, Kertanegara). Dua Pokdakan lainnya yakni pokdakan Mugi Berkah (Jambudesa, Karanganyar) yang membudidayakan ikan Patin dan pokdakan Sida Urip (Jingkang, Karangjambu) yang membudidayakan ikan nila.
Penyerahan bantuan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPR RI Romahurmuziy, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah Trisno Utomo dan Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko. Turut hadir pula pengurus Pokdakan penerima BLM PUMP PB Tahun 2012 dari Kabupaten Temanggung, Banjarnegara, Kebumen, dan Banyumas.

sumber : budidaya-ikan.com
Share: