Podakan Loh Jinawi Budidaya Ikan di Pekarangan

Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Loh Jinawi di Desa Bumirejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulonprogo membuat kolam sentral untuk budidaya ikan dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang menganggur.
Menurut Ketua Kelompok Burhanudin, di wilayahnya masih banyak lahan pekarangan yang sampai saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal, kebanyakan ditanami pohon keras dan jangka lama seperti kelapa serta jati. Kolam ini memanfaatkan sela tanaman keras, sehingga disamping menghasilkan dalam jangka panjang juga mampu memberikan pendapatan dalam jangka pendek dengan memanen ikan seperti lele, nila dan gurameh.
“Sumber daya alam yang mendukung seperti adanya saluran irigasi sapon yang melewati wilayah kami juga merupakan pendukung utama ketersediaan air,” imbuhnya.
Ditambahkan Sekretaris Loh Jinawi, Wantono, Kelompok Loh Jinawi sudah memiliki nomor registrasi dari dinas, dibentuk kurang lebih empat tahun silam atas dasar motivasi dan keinginan anggotanya untuk meningkatkan kesejahteraan serta mendukung program pemerintah dalam bidang perikanan sebagai upaya mengurangi kemiskinan maupun pengangguran.

sumber : budidaya-ikan.com
Share: