Petani Ikan Empatlawang Kesulitan Benih Ikan

Kurangnya suplai benih ikan di Empatlawang menyebabkan banyaknya peternak ikan di kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), Pendopo dan Lintang Kanan kesulitan mencari bibit ikan.
Menurut salah seorang peternak ikan di kecamatan Paiker, Winardi, saat ini pihaknya terpaksa mencari bibit ikan hingga ke Jambi. Karena selama ini mereka rata-rata disuplai dari wilayah Musirawas.
Namun karena di wilayah tersebut sedang terjadi pengeringan, mereka terpaksa mencari ke daerah lain.
“Kalau semakin jauh mendapatkan benih otomatis biaya menjadi bertambah karena ongkos kirim lebih mahal,” ujarnya di Empatlawang.
Dengan adanya rencana Pemkab Empatlawang akan membangun Balai Benih Ikan (BBI) sendiri menurutnya jelas disambut baik. Karena selain jaraknya yang lumayan dekat otomatis biaya angkut juga akan semakin ringan.
“Kalau bisa di sekitar Paiker ini atau di Pendopo dibangun BBI dengan skala besar dan ikan yang dikembang biakkan jenisnya beragam,” jelasnya.
Sementara Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perikanan dan ketahanan Pangan (DP3KP) Empatlawang Rudianto mengatakan, untuk tahun 2013 Pemkab Empatlawang memang berencana membangun BBI.
Langkah tersebut menurutnya sebagai salah satu upaya menambah dan meningkatkan PAD kabupaten Empatlawang di sektor perikanan.
Selain itu menurutnya dengan ketersedian BBI maka diharapkan masyarakat akan banyak yang berminat untuk membudidayakan ikan, sehingga berdampak kepada pendapatan masyarakat sendiri.

sumber : budidaya-ikan.com
Share: