Pemerintah Harus Serius Kelola Balai Benih Ikan

Petani ikan di Jabar meminta pemerintah serius mengelola balai benih di seluruh kawasan sentra benih ikan.
Sekretaris Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Jabar Talim Endo Saputra mengatakan sudah saatnya benih-benih ikan yang terdapat di balai benih memiliki kualitas bagus guna menghasilkan produksi ikan yang baik.
“Kita lihat saja selama ini balai benih ikan yang ada belum optimal,” katanya.
Menurutnya, petani ikan di Jabar setiap tahunnya kesulitan mendapatkan benih yang bagus sedangkan harga mahal dan kualitasnya tidak terjamin.
Dia memaparkan balai benih yang ada hanya omong kosong belaka dengan hanya mengumbar memberikan benih ikan yang bagus kepada petani. Padahal, buktinya belum bisa dirasakan para petani ikan.
“Sebagai contoh saja, pembangunan untuk balai benih ikan setiap tahunnya hampir menghabiskan sedikitnya Rp1 miliar sementara PAD nya hanya berkisar Rp100 juta pertahun. Ini harus dikaji ulang,” katanya.
Talim menyayangkan jika pemerintah hanya menghamburkan uang guna pembangunan balai benih, sementara kinerja para pegawai di balai benih tersebut kurang serius.
“Coba cek lagi lah UPT yang ada. Pemerintah harus benar-benar bekerja dengan baik. Untuk pengadaan ikan induk saja, kalah sama ikan nila yang harus impor,” katanya.

sumber : budidaya-ikan.com
Share: