Pembudidaya Lele Organik Kediri Dikunjungi KKP

Pembudidayaan Ikan Air Tawar di Kabupaten Kediri mendapat perhatian dari Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Rabu (12/09). Direktur Budidaya Air Tawar Direktorat Jendral Budidaya Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan dalam kunjungan kerjanya di Jawa Timur Ir.Moh.Abduh Nurhidayat, M.Si. menyempatkan diri mengunjungi langsung pembudiya “IKAN LELE ORGANIK” yang berlokasi di Desa Paron Kec. Ngasem ± 3 Km ke arah Timur Kantor Pemkab Kediri dan di Desa Pranggang Kec. Plosoklaten ± 15 Km arah Timur dari Kediri untuk berkunjung kelokasi pembudidaya Ikan Hias KOI di lahan sawah.
Dalam kunjungan tersebut didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Prov. Jatim dan Kepala Dinas Perikanan Kab. Pekalongan yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Kediri beserta Kadis Pertanian, Kadis Kominfo, Kepala BKP3 Kab. Kediri serta Ir. Maheno Sri Widodo Staf Pengajar FPIK Universitas Brawijaya Malang.
Dalam melihat kolam “Sistim Organik“ versi Pak Bangun Direktur mengatakan bahwa Kediri adalah salah satu sentra pembudidaya Lele harus dapat meningkatkan kemampuan, kualitas dan kuantitas agar mendapatkan hasil yang sebaik – baiknya, sistim kolam sudah memadai pakan harus diperhatikan agar betul – betul mendapatkan hasil Lele Organik yang baik dan digemari oleh konsumen.
Di Desa Pranggang Direktur Budidaya Air Tawar meninjau langsung dan bertatap muka dengan Pengurus dan anggota PKC (Pranggang Koi Club) di lokasi persawahan pembudidaya ikan Koi.
Koi yang berasal dari Pranggang Kab. Kediri sudah dikenal karena sering mengiuti kontes/lomba Koi terbukti dengan beberapa kali memperoleh hadiah kejuaraan Tingkat Regional, Tingkat Nasional maupun Internasional.
Pada kesempatan tersebut kepada kelompok pembudidaya Ikan Koi menekankan persiap – persiapan lahan sawah yang rencana menerima bantuan hibah program UGADI (Udang Galah Padi) harus betul – betul siap karena Direktur Jendral Budidaya Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan akan datang hadir menyerahkan langsung bantuan hibah bibit Udang Galah (Benur) kepada kelompok Pembudidaya Ikan Air Tawar di Desa Pranggang Kab. Kediri pada akhir bulan September 2012.
Petani serentak menjawab, siaap Pak….!. Petani/pemberdaya siap karena sudah nerima pembinaan – pembinaan dan bimbingan- bimbingan berkaitan Program UGADI tersebut dari Instansi terkait baik dari Dinas Peternakan dan Perikanan maupun dari Dinas Pertanian Kab. Kediri, di Pranggang air melimpah walaupun musim kemarau tidak pernah kekurangan air karena sumber air complang dan sumber songo debitnya besar bahkan mampu mengairi sawah di desa- desa tetangga.
Program UGADI dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang akan diserahkan di Pranggang untuk cakupan sawah seluas 1 Ha dengan jumlah bibit Udang (Benur) 100.000 ekor.

sumber : budidaya-ikan.com
Share: