Pegagan Tumbuhan Nutrisi Bagi Otak Manusia

Pegagan tumbuhan sayur yang memiliki khasiat herbal luar biasa. Sebagai tanaman sayur, daun pegagan memilikivfungsi sebagai obat segala jenis penyakit. Pegagan (Centella Asiatica Urban) adalah sejenis tanaman herbal atau tanaman rempah dengan banyak manfaatnya,” ujar peneliti tanaman obat dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Latifah K Darusman MS.

Pegagan juga diketahui sebagai lalapan untuk nutrisi otak manusia, karena mengandung beberapa komponen bioaktif seperti terpenoid, steroid (triterpenoid), dan bahan-bahan aktif lainnya yang dapat meningkatkan kemampuan otak pada manusia. Pegagan ini tidak hanya digunakan sebagai tanaman herbal tetapi dapat digunakan sebagai sayuran untuk lalapan atau penambah lauk – pauk. Selain itu daun pegagan dapat dijadikan sebuah minuman berkhasiat yang dapat dikonsumsi sehari – hari jika diolah menjadi teh pegagan.

Tanaman pegagan ini dapat diketahui dengan ciri-ciri, sebagai berikut :
1. Tumbuh pada ketinggian 2.500 mdpl 
2. Tumbuh dengan kondisi tanah yang agak lembab, cukup sinar matahari
3. Tumbuh di daerah dataran rendah ataupun dataran tinggi
4. Termasuk dalam kelompok tanaman liar yang mudah tumbuh di sawah, pekarangan rumah, dan padang rumput. Dapat dijadikan sebagai tanaman boga dan obat untuk keluarga.
5. Memiliki rimpang pendek dengan stolon – stolon yang merayap panjang 10 – 80 cm, bertangkai panjang, berbunga tersusun dalam karangan berupa payung, baunya harum
6. Berdaun merah muda atau putih, berbuah kecil berbentuk lonjong, pipih dengan panjang buah 2 – 2,5 cm. Daunnya terasa pahit tetapi dapat digunakan sebagai lalapan obat penguat lambung.


sumber : gemawirausaha.blogspot.com
Share:

Pengunjung

ANIMAL FEED MATERIAL

KAMI BERGERAK DI BIDANG PENYEDIAAN BAHAN PAKAN TERNAK. BAGI ANDA YANG MAU ORDER KAMI SIAP SUPLAY

Transportasi