Optimalisasi budidaya laut, Ahok tebar benih pertama ikan kerapu

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melakukan kunjungan ke Kepulauan Seribu. Salah satunya dalam rangka penebaran benih pada kerja sama budidaya laut dengan Sekolah Tinggi Perikanan (STP) di kabupaten paling utara ibu kota.


Pemprov DKI Jakarta menganggap perikanan dan pariwisata adalah kegiatan prioritas yang potensial dikembangkan di Kepulauan Seribu. Berdasarkan hasil studi, kegiatan penangkapan ikan yang selama ini menjadi mata pencaharian utama nelayan menunjukkan Catch per Unit Effort (CPUE) sebesar 30 persen.

Melihat tingginya hasil tangkapan tersebut, maka budidaya laut menjadi salah satu kegiatan perikanan yang potensial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan. Harapannya dapat menjadi mata pencaharian masyarakat setempat.

Namun dalam pelaksanaannya belum optimal karena masih kurangnya pengetahuan SDM tentang budidaya

Program kerja sama budidaya laut antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta merupakan inisiasi saat Basuki atau akrab disapa Ahok itu bertemu dengan Ketua STP Jakarta I Nyoman Suyasa.

Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM kelautan dan perikanan dengan memanfaatkan potensi alam yang ada DKI Jakarta, khususnya Kabupaten Kepulauan Seribu.

Para alumni STP ini diharapkan dapat menjadi agen perubahan dan role model bagi masyarakat Kepulauan Seribu. Pada tahap awal program ini, sebanyak delapan orang alumni STP ini dipersiapkan menjadi pembudidaya profesional yang mandiri dan diharapkan menjadi entrepreneur di bidang perikanan.

Dengan modal awal yang diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta, yaitu keramba jaring apung (KJA), benih ikan kerapu, dan pakan. Lokasi budidaya ditempatkan di Perairan Karang Lebar, Kelurahan Pulau Panggang.

Dalam prosesnya, para alumni STP ini akan didampingi oleh petugas dari Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Suku Dinas KPKP Kabupaten Adm. Kepulauan Seribu dan UPT Pusat Budidaya dan Konservasi Laut Pulau Tidung.

Hari ini, Selasa, 27 September 2016 akan dilaunching penebaran pertama benih ikan kerapu sebanyak 4.000 ekor oleh mantan Bupati Belitung Timur ini. Panen pertama direncanakan akan dilakukan pada akhir bulan Februari 2017.


sumber : merdeka.com
Share: