Menteri Susi tak puas ekspor ikan Indonesia hanya USD 4 M per tahun

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan pemerintah tengah mencontek cara peningkatan ekspor perikanan milik Norwegia. Dia merasa tidak puas dengan kinerja ekspor perikanan Tanah Air yang hanya USD 4 miliar per tahun.


"Norwegia itu ekspornya USD 10 miliar per tahun dari aquaculture saja. Kita ekspor perikanan hanya USD 4 miliar per tahun," ujarnya di Jakarta.

Menurutnya, pemerintah akan belajar dari Norwegia, dalam hal meningkatkan nilai tambah hasil laut dan perikanan. "Jadi kita ingin belajar dari Norwegia yang eksportir aquaculture berupa salmon, terbesar di dunia. Satu prestasi yang luar biasa, dan mereka terus melakukan riset aquaculture," jelas dia.

Menteri Susi menambahkan, dalam kerja sama dengan Pemerintah Norwegia, juga menyangkut pemberantasan pencurian ikan atau illegal fishing. "Illegal fishing telah mengancam sumber makanan dan protein kami," ungkapnya.

Konsep aquaculture atau budidaya, lanjut Susi, akan memainkan peranan penting untuk memasok ikan yang segar dan lezat, bebas dari kontaminasi, dan diproduksi menggunakan metode berkelanjutan dan ramah lingkungan.


sumber : merdeka.com
Share: