Membuka Usaha Hanya Bermodal Dengkul, Kenapa Tidak

Untuk memulai usaha, tidak melulu selalu berawal dari modal uang. Karena segala sesuatunya sebenarnya berasal dari ide-ide dan impian yg tiap orang miliki.Tapi sebrilian apa pun ide itu tidak akan ada artinya jika kreativitas yg ada tidak dikembangkan. Untuk itu, diperlukan pentingnya keberanian mengambil risiko dalam berbisnis.

Sebagian besar orang sukses di dunia mengawali kesuksesannya dgn ide-ide yg tidak lumrah, kreatif dalam mengimplementeasikan idenya, serta berani untuk merealisasikanya kreasinya tersebut.Tapi, apakah tiga hal itu cukup. Ternyata belum, wirausahawan harus jeli melihat masalah sebagai peluang usaha. Masalah-maslah yg muncul dalam kehidupan justru memunculkan peluang usaha.

Pasalnya, masalah yg dihadapi banyak orang memerlukan solusi, alternatif pemecahan, jalan keluar. Dan itu dapat memberikan nilai ekonomis bagi mereka yg mampu menawarkannya sesuai kebutuhan yg ada.

Akan tetapi, tidak semua peluang baru yg muncul itu memberikan peluang usaha yg bertahan lama. Di mana saluran pemasaran tidak terjamin ke depannya karena masalah yg dihadapi orang banyak itu berangsur memulih.

Ada satu hal yg membuat wirausahawan nyaman dalam menjalankan usahanya, yakni memilih peluang usaha sebagai usaha sesuai dgn hobi dan minat. Dgn berusaha berdasarkan hobi ini, orang umumnya berpendapat kekayaan dan popularitas hanyalah konsekuensi, bukan tujuan utama.

Sikap menjajal hal-hal baru juga perlu dilakukan. Dgn ini, maka kemungkinan untuk melebarkan sayar usaha terbuka lebar. Karena potensi peluang usaha dari hal yg belum tergarap dapat terpetakan.

Selanjutnya, jangan pernah menyerah jika apa yg dihasilkan tak sesuai harapan. Kegagalan merupakan keberhasilan yg tertunda, tetap komit atas apa yg dilakukan dgn inovasi yg dilakukan bakal membalik kegagalan menjadi kesuksesan.
Share: