Masyarakat Gunungkidul Didorong Budidaya Lele Kolam Terpal

DKP Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus mendorong masyarakat setempat mengembangkan budi daya lele dengan sistem kolam terpal untuk meningkatkan gizi dan pendapatan mereka.
“Kami terus mendorong masyarakat untuk mengembangkan budi daya lele. Luasan lahan budi daya lele terus bertambah seiring tingginya permintaan lele di Gunung Kidul,” kata Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunung Kidul Suwarno.
Kata dia, DKP secara intensif melakukan pembinaan, pelatihan, dan pendampingan pada kelompok pembudi daya ikan (pokdakan) dan unit pembenihan rakyat (UPR) untuk meningkatkan kinerja, kapasistas, wawasan, keterampilan, serta produktivitas kelompok pembudidaya ikan dapat meningkat.
“Jumlah Pokdakan dan UPR di Kabupaten Gunung Kidul terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Kami juga memberikan pendampingan kepada kelompok untuk membuat makanan alternatif untuk mengantisipasi lonjakan harga pakan,” katanya.
Usaha perikanan budi daya di Gunung Kidul, kata Suwarno dilakukan dalam bentuk pemeliharaan di kolam, pemanfaatan telaga, keramba jaring apung di perairan umum dan budi daya tambak. Prosentase terbesar usaha budidaya adalah pemeliharaan di kolam terpal sebesar 94,48 persen, pemanfaatan telaga sebanyak 4,9 persen, dan tambak sebesar 0,07 persen.
“Hingga akhir November ini, peningkatan budi daya belum dihitung. Tapi berdasarkan laporan sementara, jumlah budi daya ikan terus meningkat,” kata dia.
Di samping pembinaan, pelatihan dan pendampingan kepada pokdakan, kata dia, DKP Gunung Kidul memberikan fasilitas berupa bantuan terpal, paket induk unggul, benih ikan unggul dan bantuan modal usaha.
Saat ini, kata dia, DKP memberikan pendampingan pembuatan pakan berbahan baku lokal dengan sistem kerja sama antara pembudi daya dengan penjual ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Baron.
Pembudi daya lele membuat pakan berbahan baku gaplek, sisa potongan ikan dan jingking dari TPI Baron. Hasilnya pun sangat bagus, untuk mempercepat pertumbuhan lele.
“Kami berharap ikan budi daya lele mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan mendukung sektor pariwisata,” kata dia.

sumber : budidaya-ikan.com
Share:

Pengunjung

ANIMAL FEED MATERIAL

KAMI BERGERAK DI BIDANG PENYEDIAAN BAHAN PAKAN TERNAK. BAGI ANDA YANG MAU ORDER KAMI SIAP SUPLAY

Transportasi