Lele Sale, Olahan Lele Favorit Ramadhan

Siapa yang tak kenal ikan sale. Ikan yang lebih akrab di telinga masyarakat sebagai ikan lele asap ini merupakan makanan khas daerah warga Kota Subulussalam, dan selama bulan suci Ramadan1433 H ini menjadi sajian utama lauk berbuka puasa.
Ikan Sale merupakan proses pengasapan ikan hingga kering dan berwarna kehitaman. Bagi pedagang ikan sale di Pasar Terminal Terpadu Subulussalam, cara pengasapan masih tergolong tradisional. Ikan berkumis tersebut diasapi menggunakan bara api, walaupun harus membutuhkan waktu yang lama, tingkat kelezatannya jauh berbeda dengan pengasapan menggunakan oven.
Salah seorang warga Subulussalam, Rumaidah (37)  di Pasar Tradisional Terminal Terpadu Subulussalam mengatakan, ikan sale ini sangat diminati dikarenakan banyak mengandung gizi dan protein. Selain itu, juga sangat enak untuk dinikmati bersama keluarga. “Kalau ikan basah melulu bosan, lagi pula kalau ikan sale ini bisa tahan lama,” ujarnya.
Nuri warga Subulussalam lainnya membenarkan, ikan sale sangat diminati warga kota itu karena selain rasanya lezat, juga lebih gurih dibanding ikan-ikan lain.
Abdul Mutaliq, salah satu pedagang ikan sale di Pasar Terminal Terpadu Subulussalam mengatakan, ikan lele sale sangat disukai warga terbukti setiap hari dagangannya hampir habis terjual.
Lele sale dihargai Rp100.000 per kg. Walaupun tergolong mahal, tidak menghalangi niat warga untuk membelinya. Kebanyakan warga membeli per ons untuk membatasi pengeluaran keluarga.

sumber : budidaya-ikan.com


Share: