KPI Dewi Sri Panen Nila & Padi

Kelompok Pembudidaya Ikan (KPI) ’Dewi Sri’ Senuko Jalan Godean Sleman mempraktikkan usaha mina padi kolam dalam. Jenis padi yang ditanam, yakni Impani 13. Benih ditabur saat berumur 18 hari, 26 Juli 2012 lalu. Sedangkan bibit ikan nila total beratnya 80 kilogram (per kilogramnya rata-rata 25 ekor nila) ditebar.
”Alhamdulillah, hasil dari demplot mina padi kolam dalam tak mengecewakan. Kami bisa panen padi maupun ikan nila dengan maksimal,” ungkap ketua KPI Dewi Sri, Ngatiman. Ditemui di sela-sela panenan ikan nila, Ngatiman menjelaskan, total panenan ikan ada 183 kilogram nila konsumsi. Per kilogramnya rata-rata berisi lima ekor nila. Selain itu masih ada anakan nila dengan berat 20 kilogram, dapat dijadikan bibit maupun diolah menjadi krispi nila.
Sedangkan panenan padi, beberapa hari sebelumnya, pada lahan seluas 900 meterpersegi tersebut totalnya 8,5 kuintal. Ditambahkan, mina padi kolam dalam, yakni parit atau caren sengaja dibuat lebih dalam serta luas dibanding mina padi biasa. Caren dapat dibuat di bagian pinggir aeral sawah atau berdekatan dengan pematang serta di tengah. Selain itu masih membuat satu kolam ukuran, minimal 6 x 10 meter dan kedalaman air 1 meter. Saat air menipis, ikan-ikan akan menuju ke kolam ukuran luas.
Panenan demplot mina padi kolam dalam tersebut antara lain dihadiri perwakilan dari pejabat Kecamatan Godean, Pemerintah Desa Sidoagung dan Penyuluh Perikanan Ahli (PPA)/Penyuluh Perikanan Terampil (PPT) Bidang Perikanan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Sleman. Adapun Adji Pribadi termasuk PPT yang rutin memberi pembinaan pada KPI Dewi Sri berharap, keberhasilan Dewi Sri bisa ditularkan ke kelompok-kelompok lain.
”Syukur tak hanya kelompok, tapi juga individu petani. Semoga cara ini termasuk usaha meningkatkan pendapatan petani,” tambahnya.

sumber : budidaya-ikan.com



Share: