Konsumsi Lele DIY Tinggi, Peluang Bagi Pembudidaya Lele

Banyaknya pelajar dan mahasiswa yang menuntut ilmu di Yogyakarta turut berperan dalam peningkatan konsumsi ikan lele di DIY. Sudah selayaknya budidaya lele terus ditingkatkan dan ujung-ujungnya dapat mensejahterakan warga DIY, selain sebagai contoh bagi daerah lain.
Hal ini diungkap Dirut Kedaulatan Rakyat (KR) dr Gun Nugroho Samawi saat membuka Seminar “Mengoptimalkan Keuntungan Peternak Lele” di Aula KR Jalan P Mangkubumi Yogya.“Seminar hasil kerjasama KR dan CP Prima ini semoga benar-benar bisa dimanfaatkan para peserta. Saya sendiri ingin memelihara lele, semoga bisa di halaman rumah,” ujar Gun Nugroho Samawi.
Seminar yang diikuti 110 peserta dari berbagai daerah seperti DIY, Klaten, Purworejo dan Magelang ini dimoderatori Pimred SKH KR Drs Octo Lampito MPd. Pembicara, Saptono (Praktisi perikanan), Dr Ir Suadi (Sekretaris Jurusan Perikanan UGM) dan Ir Agung Trisnanto (CP Prima).
Saptono mengungkapkan, ikan lele adalah salah satu ikan air tawar ekonomis tinggi dan mudah dibudidayakan. Wajar saat ini terus berkembang sentra-sentra budidaya ikan lele di berbagai daerah. “Idealnya pembudidaya lele juga menguasai ilmu ‘titen’ seperti cuaca dan turun naiknya harga bibit maupun lele konsumsi,” tandasnya.

sumber : budidaya-ikan.com
Share: