KKP Subsidi Pakan Ikan Rp 6 Triliun

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada 2013 mengalokasikan anggaran Rp6 triliun untuk memberikan subsidi pakan ikan. Subsidi tersebut akan diberikan kepada para pembudidaya ikan air tawar, khususnya yang membudidayakan lele, ikan mas, nila, bandeng, dan ikan patin.
”Kami memberikan subsidi pakan ikan air tawar yang memiliki ekonomi rendah, seperti lele, ikan mas, nila, bandeng, dan ikan patin,” kata Dirjen Perikanan Budidaya, KKP Slamet Subyakto, di sela acara panen perdana budidaya lele, di Pondok Pesantren Al-Mawaddah, Ciganjur, Jakarta.
Pemberian subsidi tersebut karena pakan ikan merupakan komponen terbesar pada biaya budidaya ikan air tawar. Menurut Slamet Subyakto, komponen pakan memberikan kontribusi sekitar 80 persen dari total biaya budidaya air tawar. ”Kami harapkan dengan pemberian subsidi tersebut, keuntungan yang didapat para pembudidaya ikan air tawar tersebut bisa meningkat,” katanya.
Menurut Slamet Subyakto, saat ini pihaknya sedang mengusulkan anggaran tersebut untuk kemudian dibahas di DPR. Apabila usulan tersebut disetujui DPR, maka program tersebut bisa dijalankan tahun depan.
”Program ini sekaligus untuk mendorong produksi ikan air tawar. Sebab dengan insentif subsidi pakan tersebut, kami berharap warga bisa lebih antusias melakukan budidaya ikan air tawar,” katanya.
Di tempat yang sama, Direktur Produksi, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perikanan Budidaya, KKP Abduh Nur Hidayat mengatakan bahwa pakan ikan tersebut akan disubsidi Rp2.500 untuk setiap satu kilogram (kg).
Diketahui, saat ini harga pakan ikan yang diproduksi pabrikan besar mencapai Rp8.000 per kg. ”Apabila usulan anggaran untuk subsidi tersebut disetujui DPR, maka nantinya para pembudidaya ikan air tawar membeli pakan ikan hanya Rp6.500 per kg,” katanya.
Selain akan memberikan subsidi pakan ikan, selama ini Ditjen Perikanan Budidaya juga telah memberikan mesin pembuat pakan ikan kepada para kelompok pembudidaya ikan, sekaligus memberikan pelatihan cara membuat pakan ikan.
Dengan pembuatan pakan ikan ini, para pembudidaya bisa menghemat biaya pembelian pakan ikan. Sebab untuk membuat pakan ikan sendiri, biayanya hanya Rp3.500 per kg. ”Sehingga akan terjadi efisiensi biaya yang sangat besar, jika bisa membuat pakan ikan sendiri,” kata Abduh.

sumber : budidaya-ikan.com
Share: