KKP klaim mampu ubah lahan rob jadi budidaya udang

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Ditjen Perikanan Budidaya telah berhasil memanfaatkan tambak terlantar yang sebelumnya merupakan lahan rob di Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara, Kabupaten Pekalongan menjadi kawasan budidaya tambak udang.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo dalam siaran persnya mengatakan, pada mulanya kawasan yang terletak di Kelurahan Degayu merupakan sawah yang sering banjir karena rob air laut sehingga  tidak produktif. "Sekarang menjadi kawasan tambak udang yang produktif,sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petambak,"katanya.

Menurut Sharif, pengembangan budidaya di tambak-tambak idle akan meningkatkan produktivitas lahan, menggairahkan kembali usaha budidaya udang, meningkatkan produksi udang dan sekaligus meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan petambak dan masyarakat di sekitarnya.

Keberhasilan itu sekaligus membuktikan dengan bekerja keras dalam kebersamaan semua pihak, pemerintah pusat, Pemerintah Daerah Propinsi dan Kabupaten, pihak swasta dan masyarakat, khususnya kelompok pembudidaya, maka lahan idle bisa menjadi lahan pertambakan produktif baik untuk produksi udang maupun ikan. "Apalagi saat ini, udang telah kembali menjadi primadona dengan harga yang cukup tinggi dan pasar yang masih terbuka lebar,” kata Sharif.

Produksi udang nasional menunjukkan angka yang terus meningkat. Di tahun 2011 produksi udang nasional mencapai 400.385 ton, dan pada 2012 meningkat menjadi 457.600 ton, sedangkan pada 2013 meningkat lagi menjadi 639.589 ton. Hal tersebut didorong penguasaan teknologi budidaya yang semakin baik dan telah diterapkan secara meluas di masyarakat petambak udang.

Program revitalisasi tambak udang juga telah digulirkan KKP dilaksanakan di sentra-sentra budidaya udang. Program itu diharapkan mampu memberikan contoh cara berbudidaya udang yang baik dan sesuai aturan, sekaligus memberikan masukan teknologi baru dalam berbudidaya udang. 
“Jawa Tengah, merupakan salah satu propinsi yang menjadi lokasi percontohan revitalisasi tambak udang pada 2013. Program itu telah memberikan hasil dan dampak yang positif,” katanya.

sumber : kontan.co.id 
Share: