KKP fokus kembangkan sentra perikanan budidaya

Pengembangan kawasan sentra budidaya perikanan menjadi salah satu perhatian pemerintah saat ini. Pengembangan kawasan perikanan dinilai dapat mendorong peningkatan produksi perikanan di Indonesia secara signifikan dan turut mendongkrat pereknomian daerah.
Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto mengatakan pengembangan sektor perikanan budidaya di sejumlah daerah sentra perikanan budidaya dapat memberikan dampak positif bagi pemerintah daerah. Ia mengambil contoh seperti pengembangan kawasan sentra perikanan budidaya di daerah Kalimantan Selatan, Nusa tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Utara. 


Kawasan Minapolitan, Kalimantan Selatan,dinilai sebagai salah satu contoh dareah yang berhasil mengembangkan perikanan budidaya. Daerah ini juga menjadi salah satu wilayah kunjungan anggota DPR Komisi IV selama masa reses. Menurut Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron pengembangan sentra perikanan budidaya di sejumlah daerah menjadi salah satu perhatian DPR periode ini.
Ia menilai kesuksesan pengembangan perikanan budidaya di daerah sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia (SDM). "Pengembangan SDM harus menjadi yang utama," ujar Herman dalam keterangan tertulis akhir pekan lalu.
Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan SDMKP Suseno Sukoyono menilai pengembangan perikanan budidaya sangat perlu untuk memberi nilai tambah terhadap produk kelautan dan perikanan di Indonesia. Dalam upaya itu, pengembangan SDM, dan penelitian di bidang perikanan dan kelautan menjadi sangat penting. 

sumber : kontan.co.id
Share: