KKP Bantu Sarana Pemasaran Produk Perikanan

Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan beberapa sarana pendukung pemasaran produk perikanan kepada Asosiasi Kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan (Poklasar) Provinsi DIY.
Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementrian Kelautan dan Perikanan, Ir Saut Parulian Hutagalung,M.Sc., bersamaan dengan Festival Masak Ikan Lele yang digelar di halaman kantor Harian Kedaulatan Rakyat jalan Mangkubumi Yogyakarta.
Beberapa bantuan sarana yang diberikan diantaranya 10 buah motor roda tiga, 21 buah Cool Box 300 L, 10 buah Frezzer 300 L, 30 buah Frezzer 200 L, 5 buah Frezzer display, 5 buah Etalase Displai, 10 buah kereta dorong, 10 buah ice cruiser, 120 buah Trays 120, 10 buah timbangan dacin dan satu buah genset.
Menurut Dirjen, bantuan yang diberikan tersebut merupakan bentuk upaya kementrian untuk dapat mempermudah pemasaran produk ikan di masyarakat. “Ini sejalan dengan target kita untuk meningkatkan konsumsi ikan di Indonesia termasuk untuk mensejahterakan kelompok pemasar ikan dan mempermudah masyarakat memperoleh produk ikan,” katanya.
Ketua Asosiasi Poklaksar Ikan Provinsi DIY, Widyantoro mengaku sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan. Bantuan ini merupakan prospek cerah di bidang ekonomi perikanan karena para pelaku pengolah dan pemasar ikan di daerah merasa terfasilitasi.
“Selama ini dalam pengolahan produk ikan, kita seringkali mengalami kendala pemasaran, yakni belum bisa sampai ke end user (pengguna terakhir). Sehingga dengan diberikannya bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan dan memudahkan pemasaran produk ikan,” ungkapnya yang membawahi ribuan anggota poklasar.
Ia menuturkan, dalam satu bulan, rata-rata penggunaan ikan untuk diolah menjadi produk tertentu, berkisar antara 3-5 ton. Namun, pemasarannya masih terbatas di partai besar seperi Rumah Sakit, katering, Rumah Makan dan Hotel. “Dengan adanya bantuan ini, maka kedepan kami bisa lebih mudah memasarkan produk ikan ke semua kelompok masyarakat,” imbuhnya. 

sumber : budidaya-ikan.com



Share: