Kalteng Miliki Tempat Belajar Budidaya Ikan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah menyediakan tempat yang dapat digunakan masyarakat untuk belajar budidaya ikan. Di tempat yang berlokasi di Jalan Temanggung Tilung, Palangkaraya, itu masyarakat juga bisa belajar budidaya tanaman pangan .
Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng, Darmawan di Palangkaraya, masyarakat misalnya, bisa belajar membuat kolam secara sederhana dari terpal. “Di lahan tandus pun, cara itu bisa digunakan. Terpal bisa menahan air,” tuturnya.
Kolam terpal misalnya, dibuat di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Meski di sebagian Gunung Kidul sulit mendapatkan air, daerah itu mampu menjadi produsen lele. Di beberapa daerah di Kalteng, tanahnya berpasir atau bergambut tebal. Kolam terpal juga cocok untuk dibuat di daerah-daerah itu.
Masyarakat pun bisa belajar budidaya ikan dengan kolam biasa. Di tempat itu terdapat tiga kolam dengan berbagai jenis ikan seperti lele, patin, dan gabus. Darmawan mengatakan, lahan di samping rumah bisa dimanfaatkan untuk kolam itu agar penghasilan meningkat.
“Tempat itu menjadi lokasi gelar teknologi yang diadakan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kelautan dan Perikanan,” ujarnya.
Selain perikanan, di tempat itu masyarakat bisa belajar budidaya tanaman pangan untuk memenuhi kebutuhan secara mandiri. Tanaman yang dibudidayakan yakni buah dan sayur yang berbasis pangan lokal seperti singkong, ubi, kentang, ganyong, garut, dan labu.

sumber : budidaya-ikan.com
Share: