Kadin siapkan cara percepatan industri perikanan

Kamar Dagang dan Industri / Kadin Indonesia bidang kelautan dan perikanan bakal mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2016. Hasil rapat ini diharapkan bisa mendukung implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tahun 2016 tentang percepatan pembangunan industri perikanan nasional, “Termasuk untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan meningkatkan devisa negara. Karena itu, tema utama yang akan kita kedepankan dalam Rakernas 2016 ini adalah Percepatan Industri Perikanan, Maritim termasuk Infrastruktur dan Pembiayaan,” kata Yugi Prayanto Wakil Ketua Kadin Kelautan dan Perikanan dalam konferensi pres di kantornya.


Rencananya bakal ada tujuh hal penting yang bakal dibahas. Pertama, peningkatan produksi perikanan tangkap, budidaya dan pengolahan hasil perikanan.
Kedua, perbaikan distribusi dan logistik hasil perikanan dan penguatan daya saing. Ketiga, percepatan penataan pengelolaan ruang laut dan pemetaan Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI), sesuai dengan daya dukung dan sumber daya ikan serta pengawasan sumber daya perikanan.
Keempat, penyediaan sarana dan prasarana dasar serta pendukung industri perikanan nasional. Kelima, percepatan peningkatan jumlah dan kompetensi sumber daya manusia, inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi ramah lingkungan bidang perikanan.
"Keenam, percepatan pelayanan perizinan di bidang industri perikanan nasional. Dan ketujuh, penyusunan rencana aksi percepatan pembangunan industri perikanan nasional,” tambahnya Yugi.
Beberapa narasumber telah dipersiapkan untuk memberikan banyak masukan terhadap para stakeholders di sektor kelautan dan perikanan. Diantaranya, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sri Adiningsih, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad, Menteri ESDM Ignasius Jonan, dan beberapa narasumber lain dari sektor perbankan nasional.
“Pada Rakernas itu, kita ingin mengumpulkan stakeholders kelautan dan perikanan untuk mendengar pendapat mereka tentang masukan penting bagi industri ini. Hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki lagi dari sektor ini agar dapat bertumbuh lebih optimal,” pungkasnya Yugi. 

sumber : kontan.co.id
Share: