Jepara siapkan 120.000 indukan udang windu

Udang windu merupakan udang asli yang berasal dari alam Indonesia. Karena itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) menyediakan indukan udang windu untuk dibudidayakan. Saat ini, di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, DJPB telah menyiapkan 120.000 ekor induk udang windu. Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjato dalam keteranan tertulis yang diterima KONTAN mengatakan salah satu produk pelayanan yang sudah siap diberikan oleh BBPBAP Jepara adalah Induk Udang Windu hasil Domestikasi dan juga benih udang windu yang siap di distribusikan ke para pembudidaya. Udang windu merupakan udang asli Indonesia yang harus tetap dikembangkan.


"Meskipun saat ini, produksinya masih kalah dengan udang vaname, tetapi pasar untuk udang windu masih terbuka lebar, sehingga tetap perlu didukung dengan ketersediaan induk dan benih yang kontinyu”, jelas Slamet.
Dengan keberhasilan BBPBAP Jepara melakukan domestikasi Induk Udang Windu, maka untuk menghasilkan benih udang windu tidak perlu tergantung dari alam. Menurut Slamet, BBPBAP Jepara saat ini telah menyiapkan 120.000 ekor induk udang windu. Karena itu, tidak perlu lagi tergantung dari alam. Sehingga selain kualitasnya terjaga, kontinyutasnya terjamin, juga mendukung kelestarian sumber daya alam. "Ini bukti bahwa perikanan budidaya akan mampu mandiri, berdaya saing dan berkelanjutan”, klaim Slamet. 

sumber : kontan.co.id
Share: